SEJARAH DIGITAL MEDIA
Revolusi
Digital
Revolusi
Digital adalah perubahan dari teknologi
mekanik dan elektronik analog ke teknologi digital yang telah terjadi sejak
tahun 1980 dan berlanjut sampai hari ini. Revolusi itu pada awalnya mungkin
dipicu oleh sebuah generasi remaja yang lahir pada tahun 80-an. Analog dengan
revolusi pertanian, revolusi Industri, revolusi digital menandai awal era
Informasi.
Revolusi
digital ini telah mengubah cara pandang seseorang dalam menjalani kehidupan
yang sangat canggih saat ini. Sebuah teknologi yang membuat perubahan besar
kepada seluruh dunia, dari mulai membantu mempermudah segala urusan sampai
membuat masalah karena tidak bisa menggunakan fasilitas digital yang semakin
canggih ini dengan baik dan benar.
Sejarah
Teknologi
Teknologi
yang mendasar ditemukan pada tahun 1980 ini dan menjadi ekonomis untuk diadobsi
secara luas setelah penemuan Personal Computer. Teknologi revolusi digital
dikonversi sebelumnya adalah analog ke dalam sebuah format digital. Dalam
komunikasi digital misalnya perangkat keras mengulangi kemampuan mampu
memperkuat sinyal digital dan menyebarkannya tanpa kehilangan informasi dalam
sinyal. Hal yang sama pentingnya dengan revolusi adalah kemampuan untuk dengan
mudah memindahkan informasi digital antara media, dan untuk mengakses atau
mendistribusikannya jarak jauh.
PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI DIGITAL
Perkembangan Komputer
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan
tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan
menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan
suatu langkah instruksi- instruksi program dan tersimpan di memori (storage
program). Pengolahan data dengan menggunakan computer dikenal dengan nama
Pengolahan data elektronik (PDE) atau Elektronik Data Processing (EDP).
Pengolahan data adalah manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih
berguna dan lebih berarti berupa informasi dengan menggunakan suatu alat
elektronik, yaitu computer. Komputer yang kita gunakan sekarang ini tidak serta
merta muncul begitu saja melainkan melalui proses yang panjang dalam
evolusinya. Hal ihwal munculnya komputer mungkin dapat dilihat dalam kilas
balik sejarah sejak digunakannya Abacus – ditemukan di Babilonia (Irak) sekitar
5000 tahun yang lalu – sebagai alat perhitungan manual yang pertama, baik di
lingkup sekolah maupun kalangan pedagang, saat itu.
Pada periode selanjutnya telah banyak ditemukan alat-alat hitung mekanikal
sejenis yaitu Pascaline yang ditemukan oleh Blaine Pascal pada tahun 1642, Arithometer
oleh Charles Xavier Thomas de Colmar pada tahun 1820, Babbage’s Folly
oleh Charles Babbage pada tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman
Hollerith pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa
tenaga listrik. Ukuran dan kerumitan strukturnya berdasarkan atas tingkat
pengoperasian perhitungan yang dilakukan.
Barulah pada tahun 1940, era baru komputer elektrik dimulai sejak
ditemukannya komputer elektrik yang menerapkan sistem aljabar Boolean. Pada dekade 1980-an komputer menjadi mesin
yang akrab bagi masyarakat umum di negara maju, dan jutaan orang membeli
komputer untuk digunakan di rumah, termasuk 17 juta Commodore 64 sendiri antara
tahun 1982 dan 1994.
Lahirnya World Wide Web/WWW
Pada tahun 1992 World Wide Web dirilis ke dengan 1996, Internet berada di
kesadaran mainstream dan banyak bisnis website yang tercantum dalam iklan
mereka. Pada tahun 1999, hampir setiap negara memiliki sambungan, dan lebih
dari setengah Amerika menggunakan Internet secara teratur. Pada tahun 1989, 15%
rumah tangga di Amerika Serikat komputer yang dimiliki, pada tahun 2000, ini
adalah sampai dengan 51%.
Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics
(lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss.
CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan
Maret 1989, Tim Berners Lee dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu
protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para
anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan
untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik. Web Browser pertama
dibuat dengan berbasiskan pada teks.
Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu
menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web.
Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan
Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer
saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah
munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing
Applications).
Pada 1990, Berners-Lee, yang kali ini berusia 35 tahun, berpikir ulang dan
menghidupkan kembali proyeknya. Kali ini ia bekerja dengan sebuah mesin yang
sangat canggih, komputer NeXT buatan Steve Jobs (pendiri Apple). Kebetulan,
komputer tersebut memiliki paduan perangkat keras dan perangkat lunak yang
tepat untuk menampilkan informasi secara visual. Selama beberapa bulan,
Berners-Lee menulis ulang program komputernya dan berhasil menciptakan browser,
sejenis perangkat penjelajah internet. Ia juga membuat beberapa halaman web
yang bisa diakses. Ini adalah versi pertama dari World Wide Web, nama yang
dicetuskan sendiri oleh Berners-Lee dan biasa disingkat WWW.
Ponsel
Ponsel menjadi pemandangan umum di negara-negara barat, dengan bioskop
mulai menampilkan iklan memberitahu orang-orang untuk membungkam ponsel mereka.
Martin Cooper merupakan penemu ponsel yang digunakan lebih dari separuh
populasi dunia. Handset pertama dilahirkannya pada 1973 dengan bantuan tim Motorola
dengan berat dua kilogram. Ketika dia menderita di jalanan New York dan membuat
panggilan ponsel pertama dari prototipe ponselnya, dia tidak pernah
membayangkan perangkat buatannya itu akan sukses suatu saat.
Untuk memproduksi ponsel pertama, Motorola memerlukan biaya setara dengan
US$1 juta. “Di 1983, ponsel portabel berharga US$4 ribu (Rp36 juta) setara
dengan US$10 ribu (Rp90 juta). Cooper mengatakan bahwa timnya menghadapi
tantangan bagaimana memasukkan semua bahan ke dalam sebuah ponsel untuk pertama
kalinya. Namun akhirnya desainer industri telah melakukan pekerjaan super dan
insinyur menyelesaikan dua kilogram perangkat ponsel pertama. “Bahan yang
sangat penting untuk ponsel pertama adalah baterai dengan berat empat atau lima
kali daripada ponsel yang ada saat ini.
Waktu hidup baterai 20 menit.Setelah merevolusi masyarakat di dunia
dikembangkan pada 1990-an, revolusi digital menyebar ke massa di negara
berkembang pada tahun 2000-an. Pada akhir tahun 2005 populasi Internet mencapai
1 miliar dan 3 milyar orang di seluruh dunia ponsel yang digunakan oleh akhir
dekade ini. Saat ini, televisi transisi dari analog ke sinyal digital.
Situs Jejaring Sosial
Situs jejaring sosial merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang
memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang
tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs
tersebut. Hubungan antara perangkat mobile dan halaman web internet
melalui "jaringan sosial" telah menjadi standar dalam komunikasi
digital.
Awal mula situs jejaring sosial ini muncul pada tahun 1997 dengan beberapa
situs yang lahir berbasiskan kepercayaan setelah itu kejayaan situs jejaring
sosial mulai diminati mulai dari tahun 2000-an serta 2004 muncul situs
pertemanan bernama Friendster lanjut ke tahun-tahun berikutnya tahun 2005 dan
seterusnya muncul situs-situs seperti MySpace, Facebook, Twitter dan lain-lain.
Zaman semakin canggih karena teknologi yang selalu diperbaharui, segala sesuatu
saat ini lebih mudah dilakukan. Selain dampak positif banyak dampak negatif yang
ditimbulkan dari jejaring sosial.
Teknologi digital semakin berkembang
Semakin
canggihnya teknologi digital masa kini membuat perubahan besar terhadap dunia,
lahirnya berbagai macam teknologi digital yang semakin maju telah banyak
bermunculan. Berbagai kalangan telah dimudahkan dalam mengakses suatu informasi
melalui banyak cara, serta dapat menikmati fasilitas dari teknologi digital
dengan bebas dan terkendali. Tetapi di sayangkan semakin berkembangnya
teknologi justru semakin banyaknya kejahatan yang terdeteksi.
Maka dari
itu segala sesuatunya harus memiliki perlindungan hak cipta dan mengontrol
anak-anak dan remaja khususnya. Begitu banyak game online yang menyebabkan
kerusakan mental anak saat ini, pornografi dan pelanggaran hak cipta pun banyak
dilanggar.
PENGERTIAN DIGITAL MEDIA
PENGERTIAN DIGITAL
Pengertian Dasar Apakah yang dimaksud dengan "digital" ?. Suatu
pertanyaan yang logis dari para pembaca yang ingin mengetahui atau mempelajari
pengetahuan tentang Teknik Digital. Untuk menjawab pertanyaan di atas akan
lebih mudah dipahami kalau kita ulas tentang perbedaan antara besaran analog
dengan besaran digital. Sebagai gambaran sementara kita dapat melihat jam
sebagai alat ukur waktu dimana tampilannya ditentukan oleh jarum penunjuk yang
gerakannya selalu berubah secara kontinyu, jam seperti ini dapat disebut jam
analog. Disisi lain kita juga melihat jam yang tampilannya berupa angka-angka,
hal seperti ini dapat dikatakan jam digital.
Digital berasal
dari kata Digitus, dalam bahasa yunani berarti jari jemari.
Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10).
Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena
itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan
bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner).
Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat
disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit). Peralatan canggih,
seperti komputer, pada prosesornya memiliki serangkaian perhitungan biner
yang rumit. Dalam gambaran yang mudah-mudah saja, proses biner
seperti saklar lampu, yang memiliki 2 keadaan, yaitu Off (0) dan On (1).
Misalnya ada 20 lampu dan saklar, jika saklar itu dinyalakan dalam posisi A,
misalnya, maka ia akan membentuk gambar bunga, dan jika dinyalakan dalam posisi
B, ia akan membentuk gambar hati. Begitulah kira-kira biner digital tersebut.
Konsep digital ini ternyata juga menjadi gambaran pemahaman suatu keadaan yang
saling berlawanan. Pada gambaran saklar lampu yang ditekan pada tombol on, maka
ruangan akan tampak terang. Namun apabila saklar lampu yang ditekan pada tombol
off, maka ruangan menjadi gelap. Kondisi alam semesta secara keseluruhan
menganut sistem digital ini. Pada belahan bumi katulistiwa, munculnya siang dan
malam adalah suatu fenomena yang tidak terbantahkan. Secara psikologis, manusia
terbentuk dengan dua sifatnya, yaitu baik dan buruk.
PENGERTIAN MEDIA
Secara Bahasa, Kata Media berasal dari bahasa Latin "Medius" yang
berarti tengah, perantara atau pengantar. Dalam bahasa Arab, media
diartikan perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Pengertian Media menurut Purnamawati
dan Eldarni (2001 : 4), Media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan
untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang
pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi
proses belajar”. Dijabarkan juga oleh Djamarah (1995 : 136), Media adalah
alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai
Tujuan pembelajaran”. Gerlach dan Ely (1971), menjelaskan bahwa Media apabila dipahami
secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi
yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap.
Selain itu, AECT (Association of Education and Communication Technology, 1977)
memberi batasan tentang media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan
untuk menyampaikan pesan atau informasi. Heinich, dan kawan-kawan menjelaskan
bahwa istilah Medium sebagai perantara yang mengantar informasi antara sumber
dan penerima. Hamidjojo dalam Latuheru (1993), memberi batasan media sebagai
semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau
menyebarkan ide, gagasan, atau pendapat sehingga dapat sampai ke penerima yang
dituju. Contoh-contoh Media antara Lain: Televisi, Radio, Film, Gambar yang di
proyeksi, OHP, LCD, dan lain-lain. Demikian, beberapa Pengertian Media di atas, semoga dapat bermanfaat buat rekan-rekan
semua, jika ada kesalahan dalam pengetikan Kami mohon Maaf. Terimakasih.
PENGERTIAN DIGITAL MEDIA
Digital media adalah suatu kode-kode
digital atau kode-kode dalam bentuk bit yang canggih dan memiliki perhitungan
matematis yang mana bisa di aplikasikan dan bisa dilihat serta di proyeksikan
hingga bisa dimunculkan sebagai sesuatu yang bisa dilihat atau berbentuk dengan susunan tertentu dengan
perantara yang bisa membaca kode-kode digital tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar